00:00:00 hai [Musik] salam dan bahagia ibu dan bapak guru pada materi sebelumnya kita sudah berkenalan dengan konsep assessment Kini kita memasuki topik selanjutnya yaitu cara menyiapkan assessment di video kali ini kita akan memulainya dengan topik assessment diagnostik ibu-bapak guru meskipun murid-murid kita berada di kelas yang sama bahkan mungkin berada di rentang usia yang berdekatan juga mereka memiliki kebutuhan kemampuan latar belakang pengalaman sampai tingkat kematangannya berbeda-beda sebagai guru
00:00:53 sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami tiap murid kita sehingga Ayo kita dapat mengidentifikasi kebutuhan mereka dengan tepat inilah pentingnya dilakukan sebuah essesment diagnostik pada dasarnya asesmen dilakukan untuk memetakan murid berdasarkan kemampuan sehingga guru dapat mengajar sesuai dengan kemampuan murid fashion bukan sekedar memberi nilai bagi murid melainkan juga berupa proses pemerolehan informasi bagi guru informasi tersebut membantu guru merefleksikan praktik mengajar yang
00:01:32 mereka lakukan agar Pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif Bagaimana dengan asesmen diagnostic assessment diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi kekuatan dan kelemahan murid hasilnya digunakan guru sebagai rujukan dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran murid bagaimana tahapan penyusunan sebuah assessment diagnostik 1 menganalisis rapor murid tahu sebelumnya luangkan waktu untuk membaca kembali raport murid dikelas terdahulu ibu dan bapak guru juga dapat
00:02:08 mengobrol dengan guru yang pernah mengajar murid kita sebelumnya 2 mengidentifikasi kompetensi yang akan diajarkan ibu-bapak guru dapat membuat indikator turunan dari setiap kompetensi yang akan diajarkan apa saja kemampuan prasyarat yang perlu dikuasai murid tinggal menyusun instrumen asesmen untuk mengukur kompetensi peserta didik ke-4 menggali informasi tentang murid seperti latar belakang keluarga motivasi minat serta ketersediaan sarana dan prasarana belajar tidak hanya terbatas pada itu saja ibu bapak guru juga dapat
00:02:52 mencari tahu aspek yang lain sesuai kebutuhan murid disekolah 5 melaksanakan asesmen dan mengolah hasil 6 menggunakan data hasil essesment untuk merencanakan pembelajaran yang lebih bermakna dan tepat sasaran bermakna dan tepat sasaran dapat dipahami sebagai pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik hai hai yo yo hai hai Hai ibu dan bapak guru Mari kita simak cerita dari Pak Doni berikut ini Pak Doni adalah seorang guru kelas 5 SD ia hendak mengajar materi kegiatan ekonomi
00:03:37 di kelasnya Pak Doni hendak memulai pelajaran dengan memperkenalkan tiga contoh kegiatan ekonomi yaitu produksi konsumsi dan distribusi materi ini termasuk dalam mata pelajaran IPS salah satu karakteristik mapeli pas adalah adanya elemen keterampilan proses yang perlu menjadi kemampuan prasyarat diantaranya ngabuburit dapat mengkomunikasikan pencatatan untuk keterampilan prasyarat ini dapat dilakukan dalam bentuk catatan anekdotal nah bagaimana cara Pak Doni mengetahui apakah murid-muridnya sudah
00:04:20 memiliki kemampuan prasyarat tersebut Pak Doni memulai pelajaran dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab Pak Doni banyak melontarkan pertanyaan terbuka dan memberikan kesempatan menjawab secara merata sehingga semua murid mendapat giliran ke-6 contoh pertanyaan tersebut dapat mengukur empat kemampuan prasyarat yang ditentukan sebelumnya pertanyaan 1 2 dan 4 mengamati dan menganalisis mengkomunikasikan gagasan pertanyaan ketiga kelima dan keenam mempertanyakan dan memprediksi mengkomunikasikan gagasan jawaban dan
00:05:03 respon murid memperlihatkan sejauh mana mereka telah mengenal dan memahami konsep dasar serta kosakata yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi dari essesment ini Pak Doni dapat memetakan kemampuan murid-muridnya menjadi melampaui memenuhi memenuhi sebagian belum memenuhi Bagaimana menggunakan data yang diperoleh dari asas mendiagnostik Hai dari hasil segmen tersebut guru dapat melihat pemetaan kemampuan murid secara lebih jelas untuk kelompok murid Mahir guru dapat memberikan tantangan lebih atau kegiatan pengayaan yang
00:05:49 sesuai untuk kelompok murid berkembang guru dapat memberikan modifikasi tugas panduan dan latihan sesuai kebutuhan assessment diagnostik juga dapat digunakan untuk memetakan kemampuan umur IT di dalam sebuah kelas jadi hasil dari SS mendiagnostik tidak selalu untuk melihat kemampuan masing-masing murid untuk kelas yang kemampuan muridnya setara penggunaan dalam bentuk seperti ini lebih efektif dari segi waktu dan energi Guru dan Murid memiliki kesempatan untuk berkembang bersama dan saling mengeksplorasi Bagaimana Hal ini
00:06:27 dilakukan dalam kelas Pak Doni Pak Doni dapat memperhatikan kemampuan murid-muridnya secara umum Hai saat kegiatan diskusi dan tanya jawab tadi selama memandu diskusi Fatoni juga sambil mengobservasi aneka jawaban dan tanggapan dari murid-muridnya kapan kita dapat Melakukan asesmen diagnostic assessment diagnostik dilakukan pada minggu-minggu awal tahun ajaran untuk memetakan murid sehingga mereka mendapatkan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhannya SS mendiagnostik juga dapat dilakukan di awal pembahasan
00:07:03 materi baru SS mendiagnostik dilakukan pada kompetensi-kompetensi yang dirasakan penting diketahui guru dari awal guru dapat membuat serangkaian soal yang sesuai untuk kompetensi tersebut nah bagaimana dengan diagnostik kemampuan prasyarat yang berkaitan dengan karakteristik mata pelajaran dalam hal ini keterampilan proses dari mapel.ips ibu dan bapak guru keterampilan proses tidak selalu merupakan urutan kirimkan suatu siklus dinamis yang dapat disesuaikan dengan perkembangan serta kemampuan murid pencatatan untuk
00:07:42 keterampilan ini dapat dilakukan dalam bentuk catatan anekdotal sehingga guru selalu memiliki data komisi murid yang terbaru tanpa Melakukan asesmen diagnosis Kembali jadi hanya tinggal mengolah dan memperbarui pengelompokan yang sudah dibuat hal ini Tentunya juga dapat diterapkan untuk mata pelajaran lain jangan lupa untuk mempelajari kembali capaian pembelajaran dari tiap mata pelajaran untuk memastikan kompetensi prasyarat lain yang perlu dimiliki murid modifikasi dan pengembangan ketrampilan
00:08:22 yang diamati juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Hai pada situasi tertentu Mungkinkah guru memodifikasi proses atau penggunaan SS mendiagnostik tentu saja mungkin guru diberi keleluasaan untuk menentukan instrumen asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tujuan asesmen tahapan penyusunan SS mendiagnostik juga dapat disederhanakan misalnya jika dilakukan pada awal lingkup materi tahap 4 boleh dilewatkan Nah ibu dan bapak guru kita baru saja bersama-sama mendalami konsep dan penyusunan SS mendiagnostik Bagaimana
00:09:06 dengan praktek asesmen yang selama ini Ibu dan Bapak lakukan Adakah yang masih Perlu diperbaiki dan dikembangkan sebagai pendidik alangkah baiknya jika kita mau terus berproses mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi Bukankah itu juga yang selama ini kita sampaikan kepada murid-murid kita proses belajar tak hanya berhenti sampai di essesment kekayaan informasi yang diperoleh dari sment membawa kita ke tahap berikutnya dengan tujuan mewujudkan pengalaman belajar yang bermakna bagi murid dan diri kita sendiri tapi semangat salam
00:09:43 dan bahagia ibu dan bapak guru hebat Hi Ho
Tidak ada komentar:
Posting Komentar