No |
Indikator Soal |
Materi |
Bentuk Soal |
Level Taksonomi |
HOTS |
1 |
Mengidentifikasi langkah-langkah algoritma |
Algoritma Dasar |
PG |
C1 |
✘ |
2 |
Menentukan hasil dari pseudocode sederhana |
Algoritma |
PG |
C2 |
✘ |
3 |
Menyusun algoritma untuk tugas harian sederhana |
Algoritma |
PG |
C3 |
✔️ |
4 |
Menganalisis kesalahan logika dari sebuah algoritma |
Algoritma |
PGK |
C4 |
✔️ |
5 |
Menjelaskan fungsi dari blok di Scratch |
Scratch |
PG |
C2 |
✘ |
6 |
Mengklasifikasikan jenis-jenis perulangan dalam Scratch |
Scratch |
BS |
C2 |
✘ |
7 |
Menentukan urutan blok program dalam visual programming |
Pemrograman Visual |
PG |
C2 |
✘ |
8 |
Menyusun program Scratch sederhana untuk membuat sprite bergerak |
Scratch |
PG |
C3 |
✔️ |
9 |
Menafsirkan hasil keluaran program berbasis Scratch |
Scratch |
BS |
C2 |
✘ |
10 |
Menilai efisiensi dua algoritma yang berbeda |
Pengayaan Algoritma |
PGK |
C5 |
✔️ |
11 |
Menyimpulkan pengaruh teknologi komputer dari masa ke masa |
Sejarah Perkembangan Komputer |
PG |
C2 |
✘ |
12 |
Menjelaskan pengaruh TIK terhadap lapangan kerja |
Aspek Ekonomi |
PG |
C2 |
✘ |
13 |
Menganalisis kasus hukum pelanggaran hak cipta digital |
Aspek Hukum |
PG |
C4 |
✔️ |
14 |
Mengklasifikasikan contoh-contoh hak cipta di dunia digital |
Aspek Hukum |
PG |
C3 |
✘ |
15 |
Menilai penggunaan AI untuk masa depan dunia kerja |
Informatika Masa Depan |
PGK |
C5 |
✔️ |
16 |
Menyatakan benar/salah: “Semua data di internet bebas digunakan oleh siapa pun” |
Privasi dan Hukum |
BS |
C1 |
✘ |
17 |
Menghubungkan karier informatika dengan keahlian yang dibutuhkan |
Karier Informatika |
PG |
C3 |
✘ |
18 |
Mengusulkan solusi atas masalah etika digital di masyarakat |
Informatika Masa Depan |
PG |
C6 |
✔️ |
19 |
Menjelaskan proses tahapan pelaksanaan proyek lintas bidang |
Praktika Proyek |
PG |
C2 |
✘ |
20 |
Menyusun langkah monitoring dalam proyek sederhana |
Monitoring Proyek |
PG |
C3 |
✔️ |
21 |
Menentukan kesalahan logika dari pseudocode |
Algoritma |
BS |
C4 |
✔️ |
22 |
Memilih fungsi Scratch yang tepat untuk membuat animasi |
Scratch |
PGK |
C3 |
✔️ |
23 |
Membedakan dampak positif dan negatif TIK terhadap masyarakat |
Dampak Sosial Informatika |
BS |
C2 |
✘ |
24 |
Menganalisis pengaruh game online terhadap pelajar |
Dampak Sosial Informatika |
PGK |
C4 |
✔️ |
25 |
Menjelaskan tujuan penggunaan pseudocode dalam pemrograman |
Algoritma |
PG |
C1 |
✘ |
26 |
Mengidentifikasi peran pemrograman visual dalam pengembangan aplikasi |
Pemrograman Visual |
PG |
C1 |
✘ |
27 |
Menyatakan benar/salah: Scratch adalah bahasa pemrograman berbasis teks |
Scratch |
BS |
C1 |
✘ |
28 |
Menilai efektivitas Scratch dalam pembelajaran anak-anak |
Scratch |
PG |
C5 |
✔️ |
29 |
Membandingkan jenis pekerjaan di bidang informatika |
Karier & Studi Informatika |
PG |
C3 |
✔️ |
30 |
Menghubungkan hukum digital dengan perilaku di media sosial |
Hukum Privasi Digital |
PG |
C4 |
✔️ |
31 |
Menyimpulkan hasil observasi dari pelaksanaan proyek |
Proyek Informatika |
PGK |
C5 |
✔️ |
32 |
Menyatakan benar/salah: Pemrograman visual sulit dipelajari pemula |
Pemrograman Visual |
BS |
C1 |
✘ |
33 |
Memprediksi tren masa depan karier informatika |
Informatika Masa Depan |
PGK |
C6 |
✔️ |
34 |
Menentukan manfaat observasi dalam tahap awal proyek |
Praktika Informatika |
PG |
C2 |
✘ |
35 |
Mengurutkan tahapan pelaksanaan proyek lintas bidang |
Praktika Informatika |
PG |
C3 |
✘ |
36 |
Mengklasifikasikan sumber daya yang dibutuhkan dalam proyek digital |
Praktika Informatika |
BS |
C2 |
✘ |
37 |
Menyusun jadwal kegiatan proyek digital sederhana |
Proyek Informatika |
PGK |
C6 |
✔️ |
38 |
Menentukan peran guru dalam pengawasan proyek siswa |
Observasi Guru |
PG |
C2 |
✘ |
39 |
Menyatakan benar/salah: Setiap produk digital bebas dilindungi undang-undang |
Hukum Produk Digital |
BS |
C1 |
✘ |
40 |
Menganalisis penggunaan Scratch dalam proyek lintas bidang |
Scratch dalam Proyek |
PG |
C4 |
✔️ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar