Kisi-Kisi Soal PSAS TIK Kelas 11 SMASB
Semester 1 Tp 2024-2025
Kompetensi Dasar 3.1 dan 4.1
Menjelaskan
dan mengidentifikasi perangkat keras serta fungsinya untuk akses internet.
Indikator |
Jenis Soal |
Jumlah Soal |
Menyebutkan
perangkat keras yang digunakan untuk akses internet. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Mengidentifikasi
fungsi modem dan router. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Membandingkan
fungsi perangkat seperti switch dan access point. |
Pilihan
Ganda Kompleks |
2 |
Menentukan
pasangan perangkat keras dengan fungsinya. |
Menjodohkan |
2 |
Kompetensi Dasar 3.2 dan 4.2
Mendeskripsikan
dan menggunakan web browser untuk akses internet.
Indikator |
Jenis Soal |
Jumlah Soal |
Menjelaskan
fungsi utama web browser. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Mengidentifikasi
elemen-elemen pada antarmuka web browser. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Memilih
langkah-langkah untuk membuka halaman tertentu di web browser. |
Pilihan
Ganda Kompleks |
2 |
Menentukan
pernyataan benar atau salah terkait pengaturan dasar web browser. |
Benar/Salah |
2 |
Kompetensi Dasar 3.3 dan 4.3
Mendeskripsikan
fungsi search engine dan menggunakannya untuk mencari informasi.
Indikator |
Jenis Soal |
Jumlah Soal |
Menjelaskan
fungsi utama search engine. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Mengidentifikasi
langkah-langkah menggunakan search engine. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Memilih
kata kunci yang sesuai untuk pencarian informasi tertentu. |
Pilihan
Ganda Kompleks |
2 |
Menentukan
pasangan antara search engine populer dan fiturnya. |
Menjodohkan |
2 |
Kompetensi Dasar 3.4 dan 4.4
Mengoptimalkan
dan menggunakan web browser untuk memperoleh, menyimpan, dan mencetak
informasi.
Indikator |
Jenis Soal |
Jumlah Soal |
Mengidentifikasi
langkah untuk menyimpan halaman web. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Memilih
pengaturan untuk mencetak halaman web. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Menentukan
langkah optimalisasi browser untuk kecepatan. |
Pilihan
Ganda Kompleks |
2 |
Menentukan
pernyataan benar atau salah terkait pengaturan penyimpanan pada browser. |
Benar/Salah |
2 |
Kompetensi Dasar 3.5 dan 4.5
Mengoptimalkan
dan menggunakan email untuk keperluan informasi dan komunikasi.
Indikator |
Jenis Soal |
Jumlah Soal |
Menjelaskan
fitur utama email untuk komunikasi. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Mengidentifikasi
langkah untuk mengirim email dengan lampiran. |
Pilihan
Ganda |
2 |
Memilih
cara pengaturan folder pada email untuk mengelola pesan. |
Pilihan
Ganda Kompleks |
2 |
Menentukan
pasangan antara fitur email dengan fungsinya. |
Menjodohkan |
2 |
- Pilihan
Ganda (PG): 20 soal
- Pilihan
Ganda Kompleks: 10 soal
- Menjodohkan: 8
soal
- Benar/Salah: 6
soal
Judul Skenario Praktik
"Pencarian Informasi dan Komunikasi Menggunakan Teknologi
Internet"
Deskripsi Tugas
Peserta ujian diminta melakukan serangkaian langkah berikut:
- Identifikasi
perangkat keras akses internet: Peserta harus
menyebutkan minimal tiga perangkat keras yang digunakan untuk mengakses
internet di ruang laboratorium (misalnya: modem, router, LAN card).
Jelaskan fungsinya masing-masing.
- Penggunaan
web browser: Peserta diminta membuka web browser,
mengakses sebuah website, dan menjelaskan fitur-fitur seperti address bar,
bookmark, dan tab baru.
- Pencarian
informasi: Peserta harus mencari informasi tentang
"Cara menggunakan Google Drive untuk kolaborasi" menggunakan
search engine. Hasil pencarian harus ditampilkan dan peserta diminta
mencatat sumber terpercaya.
- Menyimpan
dan mencetak informasi: Peserta harus
menyimpan artikel dari hasil pencarian sebagai file PDF, kemudian
mencetaknya menggunakan printer yang tersedia.
- Penggunaan
email: Peserta harus membuat dan mengirim email
kepada penguji. Email harus berisi:
- Subjek:
Hasil Ujian Praktik
- Isi:
Uraian singkat pengalaman selama ujian dan lampiran file PDF yang telah
disimpan.
Instrumen Penilaian
No |
Aspek Penilaian |
Kriteria Penilaian |
Skor Maksimal |
1 |
Mengidentifikasi
perangkat keras dan fungsinya |
Menyebutkan
minimal 3 perangkat dengan benar |
20 |
2 |
Menggunakan
web browser untuk akses internet |
Membuka
website dan menjelaskan fitur browser |
15 |
3 |
Menggunakan
search engine untuk mencari informasi |
Menemukan
informasi dengan sumber terpercaya |
20 |
4 |
Menyimpan
dan mencetak informasi |
Berhasil
menyimpan dalam format PDF dan mencetaknya |
20 |
5 |
Menggunakan
email untuk keperluan komunikasi |
Mengirim
email sesuai format dengan lampiran |
25 |
Total
Skor Maksimal |
100 |
Panduan Pelaksanaan
- Peserta
diberikan waktu 90 menit untuk menyelesaikan seluruh tugas.
- Perangkat
keras, web browser, printer, dan akses internet telah disiapkan di ruang
laboratorium.
- Setiap
peserta akan bekerja secara individu.
- Penguji
akan memberikan bimbingan teknis hanya jika ada kendala pada perangkat,
bukan pada proses ujian.
Rubrik Penilaian
Kategori |
Deskripsi |
Skor |
Sangat
Baik |
Semua
langkah dilakukan dengan benar, hasil kerja rapi, dan sesuai format |
85–100 |
Baik |
Sebagian
besar langkah dilakukan dengan benar, namun ada kesalahan kecil |
70–84 |
Cukup |
Beberapa
langkah dilakukan dengan benar, tetapi hasil tidak sesuai format atau kurang
lengkap |
55–69 |
Kurang |
Banyak
langkah yang salah atau tidak selesai |
<55 |
Skenario ini memberikan penilaian komprehensif terhadap kemampuan siswa
dalam memahami konsep perangkat keras, menggunakan browser, mencari informasi,
menyimpan dan mencetak dokumen, serta menggunakan email untuk komunikasi.
Guru Mata Pelajaran TIK
Ttd
Fajar Maulana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar