Bab/Subbab |
Materi |
Jenis Soal |
Jumlah Soal |
Contoh Soal |
Bab 1:
Informatika dan Keterampilan Generik |
||||
A.
Informatika untuk Pelajar SMP |
Apa dan
Mengapa Belajar Informatika? |
PG |
5 |
Definisi
informatika. |
Menjodohkan |
2 |
Pasangkan
manfaat informatika dengan contoh penerapannya. |
||
Apa
yang Akan Dipelajari dalam Informatika? |
PG |
3 |
Kompetensi
yang diharapkan setelah belajar informatika. |
|
Informatika
dan Profil Pelajar Pancasila |
PG
Kompleks |
2 |
Pilihan
terkait hubungan informatika dengan nilai Pelajar Pancasila. |
|
B.
Pengantar Keterampilan Generik |
Bekerja
dalam Kelompok |
PG |
2 |
Prinsip
utama dalam bekerja kelompok. |
PG
Kompleks |
1 |
Pilihan
terkait keterampilan dalam kerja kelompok. |
||
Mengomunikasikan
Hasil Kerja |
Menjodohkan |
1 |
Pasangkan
metode komunikasi dengan tujuan tertentu. |
|
Bab 2:
Berpikir Komputasional |
Apa Itu
Berpikir Komputasional? |
PG |
2 |
Langkah-langkah
utama dalam berpikir komputasional. |
Algoritma |
PG |
2 |
Contoh
algoritma sederhana. |
|
Optimasi
Penjadwalan |
PG Kompleks |
2 |
Pilihan
terkait pentingnya optimasi penjadwalan. |
|
Struktur
Data |
PG |
2 |
Contoh
struktur data dalam kehidupan nyata. |
|
Representasi
Data |
Menjodohkan |
1 |
Pasangkan
bentuk representasi data dengan contohnya (misalnya tabel, grafik). |
|
Bab 3: Teknologi
Informasi dan Komunikasi |
||||
A.
Pengenalan Antarmuka Pengguna |
Komponen
Antarmuka Pengguna |
PG |
2 |
Definisi
antarmuka pengguna. |
B.
Folder dan File |
Ekstensi
File |
PG |
2 |
Contoh
ekstensi file. |
Pengelolaan
Folder dan File |
PG
Kompleks |
2 |
Pilihan
terkait langkah pengelolaan folder di Windows. |
|
C.
Peramban dan Search Engine |
Fungsi
Search Engine |
PG |
2 |
Contoh
peramban populer. |
D.
Surel |
Komponen
Surel |
PG |
2 |
Langkah-langkah
mengirim surel. |
E.
Aplikasi Perkantoran |
Sejarah
Perangkat Lunak Pengolah Kata |
PG |
1 |
Urutan
perkembangan pengolah kata dari mekanis ke elektronik. |
Perangkat
Lunak Pengolah Kata |
PG
Kompleks |
1 |
Pilihan
terkait fitur perangkat lunak pengolah kata. |
|
Menjodohkan |
1 |
Pasangkan
perangkat lunak pengolah kata dengan fiturnya. |
SOAL PRAKTIK PILIH SALAH SATU :
1. Pengelolaan Folder dan
File
Skenario:
Anda adalah seorang siswa yang diminta untuk membantu guru dalam mengatur file
tugas siswa di komputer sekolah. Tugas Anda:
- Buat
folder dengan nama "Tugas Siswa Kelas 7".
- Di
dalam folder tersebut, buat subfolder berdasarkan kategori berikut:
- "Tugas
Matematika"
- "Tugas
Bahasa Indonesia"
- "Tugas
IPA"
- Pindahkan
file yang telah disediakan ke subfolder yang sesuai berdasarkan nama file
dan kategori.
Kriteria Penilaian:
- Folder
utama dan subfolder dibuat dengan benar.
- File
dipindahkan ke subfolder yang sesuai.
- Struktur
folder rapi dan mudah diakses.
2. Penggunaan Aplikasi
Perkantoran (Pengolah Kata)
Skenario:
Anda diminta untuk membuat laporan sederhana menggunakan Microsoft Word
atau aplikasi pengolah kata lainnya dengan format berikut:
- Judul:
"Manfaat Belajar Informatika di Sekolah"
- Isi:
- Pendahuluan
(1 paragraf).
- Manfaat
belajar informatika (minimal 3 poin).
- Penutup
(1 paragraf).
- Gunakan
format berikut:
- Font
Arial, ukuran 12 pt, spasi 1,5.
- Judul
menggunakan huruf tebal (bold) dan berukuran 14 pt.
- Tambahkan
satu gambar ilustrasi relevan dan letakkan di tengah halaman.
Kriteria Penilaian:
- Format
dokumen sesuai instruksi.
- Isi
laporan lengkap dan sesuai topik.
- Gambar
relevan dan penempatannya benar.
3. Pengenalan Peramban dan
Search Engine
Skenario:
Anda diminta untuk mencari informasi menggunakan search engine (Google, Bing,
dll.) dengan langkah berikut:
- Cari
artikel yang menjelaskan "Keuntungan Berpikir Komputasional dalam
Kehidupan Sehari-hari".
- Salin
judul artikel dan tuliskan dalam dokumen teks.
- Catat
alamat URL artikel yang ditemukan.
- Simpan
dokumen tersebut dengan nama file "Berpikir
Komputasional.docx" di folder yang telah Anda buat sebelumnya.
Kriteria Penilaian:
- Informasi
relevan ditemukan dan dicatat dengan benar.
- URL
ditulis dengan lengkap.
- Dokumen
tersimpan dengan nama file yang benar dan di folder yang sesuai.
4. Surel (Email)
Skenario:
Anda akan mengirimkan surel resmi kepada guru Anda. Ikuti langkah-langkah
berikut:
- Buka
aplikasi email atau layanan surel online.
- Buat
email dengan:
- Subjek:
Pengumpulan Tugas Informatika
- Isi
Pesan:
csharp
Copy code
Yth. Bapak/Ibu Guru,
Bersama ini saya lampirkan
tugas informatika mengenai "Manfaat Belajar Informatika". Mohon
diperiksa.
Terima kasih.
Hormat saya,
[Nama Anda]
- Lampirkan
dokumen "Manfaat Belajar Informatika di Sekolah.docx"
yang telah dibuat sebelumnya.
- Kirimkan
surel ke alamat yang telah diberikan oleh penguji.
Kriteria Penilaian:
- Subjek
dan isi surel sesuai format resmi.
- Lampiran
benar dan dapat diakses.
- Surel
berhasil dikirim.
Garut,
18 November 2024
Guru Mata Pelajaran
ttd
Fajar Maulana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar