Lampiran 1. Referensi Materi
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam
jaringan. Jaringan komputer memungkinkan komputer saling berbagi sumber daya
dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi. Komputer pada jaringan
komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, fiber optik, atau media tanpa
kabel (wireless). Jaringan komputer
memiliki berbagai tipe sesuai dengan cakupan luas areanya seperti: Local Area Network (LAN), Corporate Area Network
(CAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), dan
internet. LAN ialah jaringan komputer lokal pada ruangan terbatas, seperti
rumah, ruang tertentu, dan lainnya. CAN ialah jaringan komputer yang terbatas
pada perusahaan tertentu, yang bisa terdiri atas beberapa LAN. MAN ialah jaringan
komputer pada area kota metropolitan. WAN ialah jaringan komputer yang lebih
luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal.
Internet dikenal pada tahun 1849 dengan istilah internetted yang berarti interconnected.
Namun, saat ini, istilah internet mengacu pada sistem jaringan komputer global
yang digunakan untuk berkomunikasi antarperangkat komputer maupun antarjaringan
komputer menggunakan protokol TCP/ IP (Transmission
Control Protocol/Internet Protocol). Jaringan yang terhubung dapat berupa
jaringan pribadi, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah dari lingkup lokal
hingga global. Internet saat ini telah dapat menghubungkan komputer, perangkat
telepon, CCTV, printer, dan bahkan perangkat lain yang dikenal dengan IoT (Internet of Things). Pada bulan
November 2006, internet dimasukkan dalam tujuh keajaiban dunia. Internet
membawa berbagai macam sumber daya dan layanan informasi di dalamnya, seperti
dokumen hypertext yang saling terkait
dan aplikasi World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon, dan berbagi file.
TCP/IP merupakan protokol pertukaran paket data yang digunakan di
internet. Istilah “protokol” ini mengacu pada sekumpulan aturan yang mengatur bagaimana
sebuah peranti berkomunikasi dalam suatu jaringan internet.
Asal mula internet berasal dari penelitian dan pengembangan teknik
pemaketan dan pengiriman data (packet switching)
yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada 1960-an.
Penelitian ini diharapkan dapat membuat komputer berinteraksi dengan komputer
lain untuk berbagi sumber daya komputer (seperti prosesor, memori, eksternal disk)
secara bersamaan. Pendanaan yang kuat dari pemerintah dan swasta dari seluruh
dunia membuat internet terus berkembang. Pada tahun 1990-an, internet
berkembang menjadi internet modern yang mampu menghubungkan secara luas jaringan
bisnis, perusahaan, institusi, komputer pribadi, dan telepon seluler. Saat ini,
makin banyak jaringan komputer yang bergabung di internet yang menyebabkan
internet makin besar dan makin banyak penggunanya.
Saat ini, media komunikasi tradisional seperti telepon, radio, televisi,
surat, dan surat kabar memiliki bentuk lain di internet. Internet telah melahirkan
layanan baru seperti surel, telepon internet, televisi internet, musik online, surat kabar digital, dan situs
web streaming video. Koran, buku, dan
penerbitan cetak juga beradaptasi dengan teknologi web, yang menjadi blog, web feeds, dan agregator berita online.
Internet telah memunculkan bentuk baru interaksi pribadi melalui berbagai
cara, seperti: pesan instan, forum internet, dan layanan jejaring sosial. Belanja
online tumbuh subur di internet, yang digunakan oleh usaha kecil dan menengah,
pengecer besar, dan pengusaha besar untuk memperluas pasar penjualan barang dan
jasa mereka. Jaringan internet digambarkan secara ringkas pada Gambar 1 yang
menghubungkan perangkat komputer secara luas dan bahkan mendunia. Internet
biasanya digambarkan dengan gambar awan (cloud).
Gambar 1. Jaringan Internet
Kalian perlu menyadari bahwa kalian akan memasuki dunia internet saat
ponsel atau laptop kalian terhubung melalui jaringan milik Internet Service Provider (ISP) atau penyedia jasa layanan
internet. Di Indonesia, contoh ISP adalah PT Telkom Indonesia (Indihome),
Biznet, FirstMedia, dan lainnya, sedangkan untuk mobile internet operator adalah
Telkomsel, XL Axiata, Tri, Smartfren, dan IM3 Ooredoo. Jika kalian ingin terhubung
dengan internet dan menggunakan semua sumber daya yang ada di internet, kalian
harus berlangganan koneksi internet atau dengan membeli pulsa data. Ukuran kecepatan
internet selanjutnya disebut lebar pita (bandwidth).
World Wide Web (WWW)
World Wide Web yang sering disebut
sebagai “web” atau situs web adalah sistem informasi/aplikasi yang dapat
diakses menggunakan internet. Web diakses oleh pengguna menggunakan perangkat
lunak yang disebut peramban web dengan menuliskan alamat web yang disebut Uniform Resource Locators (URL), seperti:
https://www.informatika.org/. Web atau situs web
memiliki halaman-halaman web (web page) yang berisi data dan informasi yang
tersimpan di web server dalam bentuk hyper
text markup language (html) file.
Halaman web berisi data dan informasi yang dapat memiliki hyperlinks/links yang merujuk ke halaman
web lainnya sehingga halaman web bisa menjadi saling terhubung. Contoh hyperlink adalah sebagai berikut: https://www.example.org/index.html.
Ketika mengakses situs web, sebuah peramban web akan membaca
halaman-halaman web melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol) atau aturan pentransferan hypertext. Peramban web akan membaca
html, menerjemahkannya, dan menampilkannya di peramban web. Melalui hyperlinks
yang ada dalam sebuah halaman web, kita dapat meminta menelusuri
halaman-halaman web untuk mencari informasi dan menampilkannya. Dengan hyperlinks inilah, seakan-akan pengguna
'meloncat' dari suatu halaman situs web ke halaman situs web yang lain. Proses
meloncat dari satu tempat ke tempat lain melalui web ini sering disebut 'surfing on the web' atau berselancar di
web.
Internet telah melahirkan interaksi dan transaksi secara elektronik. Interaksi
dan transaksi itu di antaranya seperti berikut.
1) Surel. Electronic
Mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik adalah aplikasi
yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim surat/pesan
melalui internet. Para pengguna surel memiliki sebuah kotak surat (mailbox) elektronik yang tersimpan dalam
suatu mail server. Kotak surat itu sendiri
memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan kotak
surat lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek
isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan surel.
2) e-Banking. Electronic Banking
atau e-banking dapat diartikan sebagai aktivitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua
jenis transaksi perbankan melalui internet. Bank menyediakan situs web untuk bertransaksi
dimulai dari pengecekan rekening, transfer dana antarrekening, hingga pembayaran
tagihan bulanan (seperti: listrik, telepon, dsb.). Pada e-banking, biasanya diterapkan
sistem keamanan yang ketat pada situs webnya
agar tidak terjadi kejahatan
perbankan.
3) e-Learning. Istilah Electronic
Learning (e-Learning) merupakan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi
di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah secara virtual (maya). Dalam teknologi e-Learning, semua proses belajar-mengajar
yang biasa ditemui dalam sebuah ruang kelas atau tatap muka secara langsung, dilakukan
secara live atau online namun virtual. Artinya,
dalam saat yang sama, seorang guru mengajar di depan sebuah komputer yang ada
di suatu tempat, sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari
komputer lain di tempat yang berbeda. Dalam hal ini, guru dan siswa tidak saling
berkomunikasi secara langsung, tetapi secara tidak langsung mereka saling
berinteraksi satu sama lain pada waktu yang sama.
4) e-Commerce. e-Commerce adalah
aktivitas penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan
memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet
dan jaringan komputer.
e-Commerce dapat menjadi aktivitas
transaksi jual-beli barang dan jasa baik dalam bentuk barang fisik maupun
nonfisik. Jika barang fisik, proses jual beli membutuhkan transportasi
barang, sedangkan jika barangnya berupa barang nonfisik seperti lagu, software, desain gambar, dan lainnya, barang
dapat dikirimkan melalui internet. Pada e-Commerce
pembayaran juga dapat dilakukan dengan uang elektronik.
5) e-Government. e-government atau
e-govt ada lah suatu upaya untuk
mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik. Penataan
sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah (eksekutif) yang
dioptimalkan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. e- Government dapat juga
diimplementasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk
meningkatkan pelayanan publik sehingga proses pemerintahan yang lebih terbuka
dan transparan.
KONEKSI INTERNET
Internet adalah jaringan komputer global yang mampu menghubungkan
komputer di berbagai
belahan dunia. Ketika
kita ingin menghubungkan peranti kita dengan internet,
ada berbagai cara atau teknologi yang dapat kita gunakan. Diantara teknologi yang
sering kita jumpai adalah menghubungkan peranti kita dengan teknologi
tanpa kabel yang sering disebut
Wi-Fi atau Wireless LAN. Adapun teknologi
untuk koneksi yang menggunakan ponsel disebut dengan Tethering. Pada subbab ini kalian akan belajar bagaimana membuat koneksi
dengan teknologi Wi-Fi dan tethering.
1.
Wireless LAN (Wi-Fi)
Wireless LAN (WLAN) adalah jaringan
komputer lokal nirkabel yang menghubungkan
dua atau lebih perangkat menggunakan
komunikasi nirkabel untuk membentuk jaringan area lokal (LAN) dalam area
terbatas, seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, kampus, atau gedung kantor.
WLAN saat ini banyak digunakan di rumah, di hotel, dan area komersial lain
karena kemudahan instalasi
dan penggunaannya. WLAN modern didasarkan pada standar IEEE 802.11 dan
biasanya dijual dengan nama merek Wi-Fi.
Wi-Fi awalnya diciptakan
untuk menghubungkan komputer
yang dekat satu sama lain yang saat
ini banyak digunakan untuk koneksi internet. Wi-Fi sering disebut Wireless Fidelity yang merupakan istilah
umum yang mengacu pada standar komunikasi untuk jaringan nirkabel. Saat ini, perangkat
komputasi bergerak, seperti laptop, ponsel, juga kamera digital, smart TV banyak yang dilengkapi dengan peralatan
yang mendukung Wi-Fi.
Ketika sekolah/rumah kalian berlangganan internet dengan
fasilitas Wi-Fi atau Wireless LAN, akan memiliki jaringan yang tampak pada Gambar
2. Kalian dapat membuat komputer kalian terhubung dengan internet melalui
Access Point dan mengakses sumber daya yang tersedia di internet sebagai
jaringan komputer terbesar di dunia.
Gambar
2. Jaringan WiFi
Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi
internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer/
perangkat seluler lain. Tethering akan
membuat perangkat seluler kita berperan sebagai modem (modulator demodulator).
Modem adalah alat yang mampu menjadi media
transimisi atau saluran untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain, dalam hal
ini modem akan menjadi media transmisi sehingga perangkat lain dapat terhubung dengan
internet.
Koneksi perangkat seluler dengan tethering
dapat dilakukan dengan Wireless LAN
(Wi-Fi), Bluetooth, atau dengan koneksi fisik menggunakan kabel, misal nya
melalui kabel Universal Serial Bus (USB).
Setelah terkoneksi dengan tethering,
ponsel yang bertindak sebagai router data
terkoneksi dengan beberapa komputer/ponsel/tablet. Perangkat yang terkoneksi
melalui tethering bisa terhubung
dengan internet.
Tethering membutuhkan ponsel yang
memilliki chip Wi-fimemilikichipWi-Fi yang biasanya telah tertanam pada ponsel. Gambar
3
menggambarkan koneksi dengan
tethering di mana smartphone (dengan logo Wi-Fi) berperan sebagai
modem yang tampak seperti Access Point pada
koneksi Wi-Fi pada subbab sebelumnya. Koneksi antara perangkat lain ke smartphone yang digunakan sebagai tethering yang digambarkan dengan tanda petir
bisa menggunakan Wi-Fi, bluetooth,
atau kabel.
Video Materi Tentang Apa Itu Internet
Video Rangkuman tentang jaringan Komputer & Internet
Pembagian Kelompok dan Materi LINK LKPD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar