Pada topik sebelumnya, Bapak/Ibu Guru telah mempelajari beberapa konsep, yaitu Understanding by Design, pembelajaran berdiferensiasi, dan Teaching at The Right Level. Buatlah peta konsep untuk menjelaskan bagaimana salah satu pendekatan yang telah Bapak/Ibu Guru pelajari berhubungan dengan tugas guru dalam merancang pembelajaran.
JAWAB :
Berikut adalah peta konsep untuk menjelaskan bagaimana pendekatan **Understanding by Design (UbD)** berhubungan dengan tugas guru dalam merancang pembelajaran:
### **Peta Konsep: Understanding by Design (UbD) dan Tugas Guru dalam Merancang Pembelajaran**
#### 1. **Tujuan Utama UbD: "Membuat Rancangan Pembelajaran Berbasis Hasil Akhir"**
- Fokus pada **pemahaman mendalam** (deep understanding) dan **transfer pembelajaran**.
- Merancang dengan tujuan akhir yang jelas di awal (backward design).
#### 2. **Tiga Tahapan Backward Design dalam UbD**:
- **Tahap 1: Mengidentifikasi Hasil Pembelajaran yang Diinginkan**
- Apa yang siswa harus **tahu** dan **mampu lakukan**?
- Kompetensi dan tujuan pembelajaran ditentukan lebih dulu.
- **Tahap 2: Menentukan Bukti yang Menerima Pemahaman**
- Bagaimana siswa akan **membuktikan** bahwa mereka telah mencapai tujuan?
- Desain **asesmen formatif dan sumatif** untuk menilai pemahaman.
- **Tahap 3: Merencanakan Kegiatan Pembelajaran yang Menyokong Pencapaian Hasil**
- Aktivitas, tugas, dan materi pembelajaran disesuaikan untuk mencapai tujuan dan bukti pembelajaran.
- Mengintegrasikan berbagai strategi pengajaran (contoh: diskusi, eksperimen, proyek).
#### 3. **Tugas Guru dalam Rancangan Pembelajaran Berbasis UbD**:
- **Merancang Tujuan Pembelajaran yang Jelas**:
- Guru harus menentukan **kompetensi inti** yang ingin dicapai siswa.
- **Menyusun Penilaian Berbasis Hasil**:
- Asesmen dirancang untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam **menerapkan** pengetahuan, bukan hanya menghafal.
- **Menyusun Strategi dan Aktivitas Belajar**:
- Guru harus memilih metode dan aktivitas yang mendukung tujuan pembelajaran, seperti **problem-solving**, **diskusi kolaboratif**, atau **proyek mandiri**.
#### 4. **Hubungan UbD dengan Pembelajaran Berdiferensiasi**:
- UbD memungkinkan penerapan **pembelajaran berdiferensiasi**, karena fokus pada **hasil akhir** memungkinkan guru menyesuaikan proses pembelajaran berdasarkan kemampuan siswa.
- Guru dapat menggunakan strategi berbeda untuk mencapai **tujuan yang sama** sesuai dengan **kebutuhan belajar siswa**.
#### 5. **Hubungan UbD dengan Teaching at The Right Level (TaRL)**:
- **Asesmen Awal** (bagian dari Tahap 2 UbD) relevan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, yang selanjutnya digunakan untuk menentukan **rancangan aktivitas pembelajaran** sesuai dengan level siswa.
- Menggabungkan hasil asesmen ini dengan **strategi pembelajaran yang sesuai** untuk memastikan semua siswa bisa mencapai **hasil belajar yang diinginkan**.
#### 6. **Kesimpulan**:
- **UbD** mengarahkan guru untuk memulai perencanaan pembelajaran dengan **tujuan akhir**, memastikan semua aktivitas pembelajaran dan penilaian **berorientasi pada pemahaman mendalam** dan penerapan pengetahuan.
- **Guru** berperan penting dalam memastikan **perencanaan yang terstruktur**, mendukung siswa untuk mencapai **tujuan pembelajaran**, dan menyesuaikan strategi agar sesuai dengan **berbagai kemampuan siswa** di kelas.
Peta konsep ini menunjukkan bagaimana pendekatan UbD membantu guru merancang pembelajaran yang lebih **terstruktur, terukur, dan sesuai dengan kebutuhan siswa**.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar