TaRL, UbD, dan Pembelajaran Berdiferensiasi




Pada topik sebelumnya, Bapak/Ibu Guru telah mempelajari beberapa konsep, yaitu Understanding by Design, pembelajaran berdiferensiasi, dan Teaching at The Right Level. Buatlah peta konsep untuk menjelaskan bagaimana salah satu pendekatan yang telah Bapak/Ibu Guru pelajari berhubungan dengan tugas guru dalam merancang pembelajaran.

JAWAB :


 Berikut adalah peta konsep untuk menjelaskan bagaimana pendekatan **Understanding by Design (UbD)** berhubungan dengan tugas guru dalam merancang pembelajaran:


### **Peta Konsep: Understanding by Design (UbD) dan Tugas Guru dalam Merancang Pembelajaran**


#### 1. **Tujuan Utama UbD: "Membuat Rancangan Pembelajaran Berbasis Hasil Akhir"**

   - Fokus pada **pemahaman mendalam** (deep understanding) dan **transfer pembelajaran**.

   - Merancang dengan tujuan akhir yang jelas di awal (backward design).


#### 2. **Tiga Tahapan Backward Design dalam UbD**:

   - **Tahap 1: Mengidentifikasi Hasil Pembelajaran yang Diinginkan** 

     - Apa yang siswa harus **tahu** dan **mampu lakukan**?

     - Kompetensi dan tujuan pembelajaran ditentukan lebih dulu.

   - **Tahap 2: Menentukan Bukti yang Menerima Pemahaman** 

     - Bagaimana siswa akan **membuktikan** bahwa mereka telah mencapai tujuan?

     - Desain **asesmen formatif dan sumatif** untuk menilai pemahaman.

   - **Tahap 3: Merencanakan Kegiatan Pembelajaran yang Menyokong Pencapaian Hasil**

     - Aktivitas, tugas, dan materi pembelajaran disesuaikan untuk mencapai tujuan dan bukti pembelajaran.

     - Mengintegrasikan berbagai strategi pengajaran (contoh: diskusi, eksperimen, proyek).


#### 3. **Tugas Guru dalam Rancangan Pembelajaran Berbasis UbD**:

   - **Merancang Tujuan Pembelajaran yang Jelas**:

     - Guru harus menentukan **kompetensi inti** yang ingin dicapai siswa.

   - **Menyusun Penilaian Berbasis Hasil**:

     - Asesmen dirancang untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam **menerapkan** pengetahuan, bukan hanya menghafal.

   - **Menyusun Strategi dan Aktivitas Belajar**:

     - Guru harus memilih metode dan aktivitas yang mendukung tujuan pembelajaran, seperti **problem-solving**, **diskusi kolaboratif**, atau **proyek mandiri**.

   

#### 4. **Hubungan UbD dengan Pembelajaran Berdiferensiasi**:

   - UbD memungkinkan penerapan **pembelajaran berdiferensiasi**, karena fokus pada **hasil akhir** memungkinkan guru menyesuaikan proses pembelajaran berdasarkan kemampuan siswa.

   - Guru dapat menggunakan strategi berbeda untuk mencapai **tujuan yang sama** sesuai dengan **kebutuhan belajar siswa**.


#### 5. **Hubungan UbD dengan Teaching at The Right Level (TaRL)**:

   - **Asesmen Awal** (bagian dari Tahap 2 UbD) relevan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, yang selanjutnya digunakan untuk menentukan **rancangan aktivitas pembelajaran** sesuai dengan level siswa.

   - Menggabungkan hasil asesmen ini dengan **strategi pembelajaran yang sesuai** untuk memastikan semua siswa bisa mencapai **hasil belajar yang diinginkan**.


#### 6. **Kesimpulan**:

   - **UbD** mengarahkan guru untuk memulai perencanaan pembelajaran dengan **tujuan akhir**, memastikan semua aktivitas pembelajaran dan penilaian **berorientasi pada pemahaman mendalam** dan penerapan pengetahuan.

   - **Guru** berperan penting dalam memastikan **perencanaan yang terstruktur**, mendukung siswa untuk mencapai **tujuan pembelajaran**, dan menyesuaikan strategi agar sesuai dengan **berbagai kemampuan siswa** di kelas.


Peta konsep ini menunjukkan bagaimana pendekatan UbD membantu guru merancang pembelajaran yang lebih **terstruktur, terukur, dan sesuai dengan kebutuhan siswa**.

Tidak ada komentar: