MODUL 1 TOPIK 1 Prinsip Understanding by Design (UbD), SOAL DAN JAWABAN Versi TERBARU, Latihan Pemahaman Bagi Peserta PPG Guru Tertentu Tahun 2024


 Understanding by Design (UbD) adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk membantu guru dalam mendesain proses belajar-mengajar. UbD menekankan pada tujuan pembelajaran dan diterapkan sebagai alternatif solusi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.


Dengan mempelajari UbD, Calon guru dapat belajar mendesain pemelajaran yang fokus pada tujuan-tujuan esensial, menarik bagi siswa, mendorong proses pembelajaran bermakna.


Berikut beberapa hal yang perlu diketahui oleh peserta PPG Guru Tertentu dalam Modul 1 Prinsip Understanding by design (UbD):


UbD memiliki pola perencanaan yang terbalik, yaitu dimulai dari apa yang ingin dipahami siswa, dilanjutkan ke penyusunan penilaian, dan terakhir ke perencanaan pengajaran.

Prinsip UbD berfokus pada tujuan pembelajaran, asesmen, dan kegiatan pembelajaran.

UbD memudahkan guru dalam menentukan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Ketiga tahapan dalam pembelajaran UbD saling terkait.

Pendidik dapat memastikan bahwa tujuan pembelajarannya tercapai melalui pembuktian pemahaman siswa.

Dalam pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Guru Tertentu, peserta akan diminta mengerjakan Latihan Pemahaman dan cerita reflektif tentang Prinsip Understanding by design (UbD).


Berikut soal dan jawaban untuk Latihan Pemahaman Modul 1 Prinsip Understanding by design (UbD) yang sudah diperbaharui oleh pojoksatu.id bagi peserta Piloting PPG Guru Tertentu Tahun 2024.


Soal 1 dari 10:


Fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah....


Merancang asesmen, kegiatan, dan tujuan pembelajaran

Merancang asesmen, tujuan dan kegiatan pembelajaran

Merancang kegiatan, tujuan dan asesmen pembelajaran

Merencanakan tujuan, kegiatan, dan asesmen pembelajaran

Merumuskan tujuan, asesmen, dan kegiatan pembelajaran

Jawaban: Merumuskan tujuan, asesmen, dan kegiatan pembelajaran


Soal 2 dari 10


"Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran?". Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap

  • Perencanaan strategi pembelajaran
  • Merumuskan tujuan pembelajaran
  • Merancang asesmen
  • Perencanaan kegiatan pembelajaran
  • Perencanaan model pembelajaran
Soal 3 dari 10

"Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?" Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap...

  • Merencanakan model pembelajaran
  • Merumuskan tujuan pembelajaran
  • Merancang asesmen
  • Merancang kegiatan pembelajaran
  • Merencanakan pendekatan pembelajaran
Jawaban: Merancang asesmen

Soal 4 dari 10

"Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran?" merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap...

Merencanakan model pembelajaran
Merumuskan tujuan pembelajaran
Merancang asesmen
Merancang kegiatan pembelajaran
Merencanakan pendekatan pembelajaran
Jawaban: Merancang kegiatan pembelajaran

Soal 5 dari 10

Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret.

Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali....

Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP.
Merumuskan TP dengan cara menganalisis 'kompetensi' dan 'lingkup materi pada CP.
Merumuskan TP secara lintas elemen.
Merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
Jawaban: Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik

Soal 6 dari 10
Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan merujuk pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005).

Dalam kerangka teori ini, "memahami" merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena.

Terkait hal tersebut, pernyataan yang benar dalam Kurikulum Merdeka adalah...

Hierarki pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan dari CP
Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik
Memberikan kebebasan kepada guru mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai
Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah
Menganggap bahwa "memahami" dapat dicapai tanpa melibatkan proses dan pengalaman belajar yang mendalam serta tanpa memberikan kesempatan untuk menjelaskan, menginterpretasi, dan mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif.
Jawaban: Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah

Soal 7 dari 10

Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan.
Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud.

Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali....

Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal.
Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan
Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.
Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen, karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik.
Jawaban: Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan

Soal 8 dari 10

Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase.

Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase.

Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Pemanfaatan fase- fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali....

Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik
Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.
Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik
Penciptaan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.
Jawaban: Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.

Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah....

 

Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksi proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik
KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran (TP)
KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik
KKTP dapat disusun melalui dekripsi kriteria dan interval nilai
Semua benar
Jawaban: Semua benar

Soal 10 dari 10

Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah....

Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan
Hasil asesmen awal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindak anjut perbaikan berupa intervensi yang tepat.
Hasil asesmen awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi, kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran
Jawaban: Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan

Demikian Latihan Pemahaman dengan soal dan jawaban untuk Modul 1 tentang Understanding by Design (UbD) yang dirangkum pojoksatu.id berdasarkan soal terbaru. ***

Tidak ada komentar: